.

.

Metode Memorisasi BLD Rubik's 3x3

METODE MEMORISASI
Memorisasi adalah bagian paling sulit dalam melakukan BLD, dan bagian terpenting. Perlu waktu lama untuk dapat menguasai teknik memorisasi. Oleh karena itu kita harus memakai metode memorisasi yang sesuai dengan kita. Berlatih dengan hati-hati dan penuh kesabaran agar anda tidak cepat bosan saat melakukan BLD tapi gagal. Saya akan membahas beberapa metode memorisasi yang sering dipakai.



     1.     Letter Based
Letter pair adalah metode memorisasi yang cukup banyak digunakan. Metode ini dapat dilakukan dengan cara, mengganti/menamai setiap piece dengan huruf atau angka. Cara menghafalkannya adalah dengan mengucap target yang sudah diberi nama secara berulang-ulang sampai kita hafal.
     2.     Direct Visual
Metode ini  juga banyak digunakan, saya sendiri menggunakan metode ini untuk memorisasi. Metode ini sangat sederhana , tetapi perlu waktu lama untuk menguasainya. Jika sering dilatih metode ini semakin akurat dan cepat. Jika sering menggunakan metode ini maka akan semakin cepat dalam memorisasi.
Cara melakukan metode ini adalah dengan mengingat letak target kita dengan membayangkan letak-letak tersebut menjadi suatu jalur/rute dimana jalur/rute tersebut dimulai dari target pertama berlanjut ke targer kedua dan seterusnya sampai target corner terakhir. Metode ini cocok digunakan untuk single BLD tetapi tidak cocok untuk multi BLD.
     3.     Image Based
Metode image based dilakukan dengan cara mengganti setiap piece dengan suatu gambar atau object yang  familiar dan sering kita lihat agar kita mudah untuk menguasai metode ini.
     4.     Journey Based
Cara melakukan metode ini adalah dengan  memasukkan target memorisasi kita kedalam suatu ruang didalam pikiran atau imajinasi kita, dengan membagi target-target tersebut ke dalam bagian-bagian untuk mempermudah proses penghafalan.
     5.     PAO (Person Action Object)


Cara melakukan metode ini adalah mengganti target kita dengan nama orang, kegiatan yang dilakukan, dan obyek. Sehingga kita menghafal target-terget kita menjadi cerita yang runtut dan mudah untuk dihafalkan.


Sebenarnya masih banyak lagi metode memorisasi yang bisa digunakan dalam BLD. silahkan anda memilih metode memorisasi yang cocok bagi anda, agar anda merasa mudah dan nyaman dalam melakukan memorisasi.
Oldest

5 comments

Click here for comments
judikato
admin
1 October 2015 at 20:46 ×

terima kasih, saat bermanfaat, kebetulan saya juga baru belajar tentang rubix .
jangan lupa kunbal ya Blog Skansara

Reply
avatar
Unknown
admin
5 October 2015 at 00:53 ×

thanks gan atas informasinya (y), walaupun nggak paham apapun.

jgn lupa kunjung balik

www.spza.net

Reply
avatar
5 October 2015 at 17:32 ×

Oktavian@ ya semoga cepat menguasai rubik ya
Yoga@ klo rajin belajar nanti juga paham sendiri

Reply
avatar
Unknown
admin
5 October 2015 at 19:03 ×

Oke gan .. Berkat anda sya dapat menyelesaikan BLD rubrik dengan mudah .. (y)

Reply
avatar
7 January 2017 at 23:44 ×

walah cuman bisa nyelesain 2 sisi nih kak :D masih nubi
nitip http://www.muhnashi.com/

Reply
avatar

Gunakan Bahasa Sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon