.

.

Sejarah Rubik

Mungkin ketika masih kecil kita pernah dibelikan oleh orang tua kita mainan berbentuk kubus yang bisa diputar kesana kemari hingga warna kubus tersebut menjadi berantakan. Lalu apa nama mainan tersebut ? Nama mainan tersebut adalah rubik dan rubik. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia rubik adalah sebuah permainan teka-teki menarik yang ditemukan oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungarian, Erno Rubik. Dan jenis rubik yang banyak dimainkan dan diperjualbelikan/ dimainkan paling umum adalah rubik 3x3. 



Banyak orang yang memainkan rubik tapi banyak yang tidak mengetahui sejarah rubik itu sendiri. 
Rubik pertama kali ditemukan oleh Erno Rubik  pada tahun 1970-an dan mendapat paten pada 1975. pada awalnya rubik diciptakan sebagai pemahaman tentang bentuk 3D dari kubus dan tanpa sengaja rubik tersebut teracak dan kemudian Erno Rubik mencoba untuk membenarkan posisi rubik menjadi semula. dan akhirnya permainan rubik dirilis pada akhir tahun 70-an dan mendapat izin untuk dipasarkan pada pasar Internasional dan juga dipamerkan pada pameran-pameran Internasional.


Rubik telah mengalami banyak perkembangan sehingga sekarang mempunyai banyak jenis. jenis-jenis rubik tersebut antara lain :

1. Rubik's cube 2x2x2
2. Rubik's cube 3x3x3 
3. Rubik's cube 4x4x4

4. Rubik's cube 5x5x5

5. Rubik's cube 6x6x6

6. Rubik's cube 7x7x7

Ada juga jenis rubik yang mempunyai bentuk aneh atau tidak lazim. diantaranya adalah :

7. Rubik Windmill (Windmill cube)

8. Fisher cube

9. Mirror cube

10. Pyraminx

11. Megaminx

12. Gigaminx

13. Teraminx

Yang saya sampaikan diatas adalah hanya beberapa jenis rubik saja. karena sebenarnya masih banyak lagi jenis rubik lain yang saya tidak ketahui. Mungkin juga akan ada banyak lagi jenis rubik baru seiring dengan perkembangan zaman. 
Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada koreksi atau masukkan dari anda silahkan disampaikan dengan cara komentar yang baik dan sopan.


Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
judikato
admin
5 October 2015 at 00:56 ×

wah, ternyata banyak jenis" rubik, selama ini saya hanya tau jenis rubik yang Rubik's cube 3x3x3 .
artikel yang sangat bermanfaat.
jangan lupa kunjungan balik Di Blog Saya

Congrats bro judikato you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Gunakan Bahasa Sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon